Skip to content

Berita Acara Pekan Ilmiah Akuntansi XXVI

Opening-Ceremony

Pada tanggal 21 Oktober sampai dengan 27 Oktober 2023 Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) telah melaksanakan kegiatan tahunan Pekan Ilmiah Akuntansi ke-26 dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:

RANGKAIAN KEGIATAN PIA XXVI

  • 21 Oktober        : Opening Ceremony dan Seminar Nasional Akuntansi Migas
  • 22 Oktober        : English Debate
  • 23 Oktober        : Webinar Internasional
  • 24 Oktober        : Sekolah Pasar Modal
  • 25 Oktober        : Pendidikan Profesional Berkelanjutan dan Public Speaking Contest
  • 26 Oktober        : Accounting Cycle dan Pengabdian Internasional
  • 27 Oktober        : Rangking 1 dan Closing Ceremony
  • 21-27 Oktober   : EXPO

HASIL KEGIATAN

1. Opening Ceremony

    Opening Ceremony adalah awal dari rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) XXVI yang diselenggarakan oleh HIMAKA ini mengangkat tema Accounting in SDGs: Accelerating the Ability of Accounting to Meet Global and Sustainable Finance”. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2023 di AAC Dayan Dawood yang dihadiri oleh perwakilan Rektorat, Jurusan, Prodi, Dosen Akuntansi, Tamu undangan serta Mahasiswa/I.

    Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB oleh kedua MC, yaitu Jul Hendri dan Naura Nadihfa, mereka membuka acara dengan menampilkan tari Ranup Lampuan oleh sanggar Pocut Baren, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Usk, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, laporan ketua pelaksana, sambutan-sambutan, pembukaan secara ceremonial dengan pemukulan rapa’i yang dipimpin oleh Bapak H. Aminullah Usman, S.E, Ak. M.M. selaku Ketua Ikatan Alumni Akuntansi dan didampingi oleh tamu undangan lainnya, selanjutnya ditutup dengan Doa dan foto bersama.

    2. Seminar Nasional Akuntansi Migas

    Seminar Nasional Akuntansi Migas merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA). Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh HIMAKA ini mengangkat tema Product Sharing Contract dalam Akuntansi Migas” dengan 15 (Lima Belas) SKPI. Kegiatan ini diselenggarakan tepat setelah acara Opening Ceremony yaitu pada tanggal 21 Oktober 2023 di AAC Dayan Dawood yang dihadiri oleh Dosen, Pemateri, Badan/Instansi, Mahasiswa/Mahasiswi, dan Umum yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 500 peserta dengan jumlah partisipan yang mengikuti Seminar Nasional Akuntansi Migas adalah sebanyak 404 peserta.

    Kegiatan Seminar Nasional telah mendatangkan keynote speaker, pemateri nasional, dan lokal:

    • Keynote Speaker: Tuanku Kamil Fajar, S.E. (Deputi Keuangan dan Monetisasi Badan Pengelola Migas Aceh).
    • Pemateri 1: Nasri, SE. Ak., MS. Ak., CA. (Kepala Divisi Akuntansi Perpajakan dan Manajemen Resiko Badan Pengelola Migas Aceh).
    • Pemateri 2: Anis Haryono, S.E., Ak. (Direktur Keuangan PT. Pema Global Energi)
    • Pemateri 3: Erick Faisal, S.E., Ak., CA., CMA. (Senior Manager Financial Control PT. Medco Energi International).
    • Moderator: Dr. Syukriy Abdullah, S.E, M.Si (Dosen EKA FEB USK)

    3. English Debate

    Pada tanggal 22-23 Oktober 2023, telah diselenggarakan kegiatan English Debate Pekan Ilmiah Akuntansi yang diikuti oleh siswa/i SMA/MA sederajat. Kegiatan dimulai pada tanggal 22 Oktober 2023 dengan babak preliminary yang diikuti oleh 10 tim yang telah mendaftar. Setiap tim terdiri dari 3 orang. Selanjutnya, pada tanggal 23 Oktober 2023 dilaksanakan babak final dan semifinal. Pada akhirnya, pengumuman juara diumumkan pada tanggal 27 Oktober 2023.

    Kegiatan ini merupakan ajang kompetisi debat dalam bahasa Inggris yang diikuti oleh siswa/i SMA/MA sederajat. Acara ini diadakan di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Syiah Kuala dan berlangsung selama 2 hari. Selama acara, para peserta berdebat di ruang kelas dan balai sidang.

    Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi para peserta dalam berdebat dalam bahasa Inggris. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi para peserta dan dapat diadakan kembali di masa yang akan datang.

    4. Webinar Internasional

    Pada tanggal 3 November 2023, telah diselenggarakan Webinar Internasional dengan tema “The role of Financial Professionals in promoting Sustainable Development Goals (SDGs) in Indonesia”. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 410 peserta dengan jumlah partisipan yang mengikuti webinar sebanyak 260 peserta. Selain itu, juga terdapat beberapa tamu undangan yang hadir, antara lain Bapak/Ibu Ketua Prodi S1 Akuntansi, D3 Akuntansi, dan D4 Akuntansi perpajakan serta dosen-dosen akuntansi.

    Webinar Internasional dibuka oleh MC Meutia Raihan, kemudian diambil alih oleh moderator untuk memandu kegiatan ini bapak Dinaroe, S.E., MBA.AK., CA. selaku Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK. Pada tahun ini Webinar Internasional dapat menghadirkan keynote speaker dan pemateri yang sangat luar biasa dan ahli dalam bidangnya, yaitu:

    • Keynote Speaker:
      • Kusnadi C. Wijaya (Direktur Teknik dan Fasilitas PT. ASDP Indonesia Ferry)
      • Prof. Dr. Zunaidah Sulong (Dosen di Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Sultan Zainal Abidin Cong Badak Campus)
      • Yakub, SE., M.Ak., CA., Aust. CPA., ASEAN CPA
      • Speakers:
      • Haryajid Ramelan MM, RFC, CPRM, RIFA, CSA, CRP, CIB, CES, CTA (Ketua Dewan Standar Penilai Pasar Modal)
      • Rina Meutia (Spesialis Manajemen Risiko Bencana, Global Facility for Disaster Reduction and Recovery (GFDRR), World Bank)
      • Zuraida, S.E., MBA., Ph.D., Ak., CA., CSRS. (Dosen Akuntansi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, USK)

    Webinar ini diadakan melalui platform Zoom Meeting dan merupakan acara yang sukses, dengan adanya partisipasi yang aktif dari para peserta dan pemateri. Acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai peran profesional keuangan dalam mendukung SDGs di Indonesia.

    5. Sekolah Pasar Modal

    Pada tanggal 3 November 2023, telah diselenggarakan kegiatan Sekolah Pasar Modal dengan tema “Investasi Berkelanjutan: Mendorong Partisipasi Anak Muda dalam Meraih Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Kegiatan ini dihadiri oleh 95 peserta yang terdiri dari anak muda yang antusias untuk belajar tentang pasar modal dan investasi yang berkelanjutan. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak muda tentang pentingnya investasi berkelanjutan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

    Acara ini diadakan di Balai Sidang dengan hadir beberapa narasumber yang kompeten di bidang pasar modal yaitu Aulia Firdaus selaku Officer Bursa Efek Indonesia KP Aceh dan Muslim Hasan Birga selaku Perwakilan RHB Sekuritas. Moderator dalam acara ini adalah Frasdio Ismail, sedangkan MC-nya adalah Shally Taria. Selain itu, Sekretaris Jurusan, juga hadir sebagai tamu dalam acara ini.

    Sekolah Pasar Modal ini diisi dengan presentasi dari narasumber tentang investasi berkelanjutan dan peran anak muda dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan narasumber mengenai topik yang dibahas. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak muda dapat memahami pentingnya investasi berkelanjutan dan bagaimana mereka dapat berperan aktif dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dengan adanya partisipasi anak muda, diharapkan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai dengan lebih baik dan berkelanjutan.

    6. Pendidikan Profesional Berkelanjutan

         Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) yang bekerjasama dengn Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Aceh. Pendidikan Profesional Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh HIMAKA ini mengangkat tema “Role of The Government Internal Control Strategy to Maintain Trust and Integrity from Fraud in Strengthening Sustainable Economic Growth” dengan 5 (Lima) SKP. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 25 Oktober 2022 di Aula Museum Aceh yang dihadiri oleh Anggota IAI, Anggota Non IAI, Mahasiswa S2, dan Mahasiswa S1 yang berada di Banda Aceh maupun diluar Banda Aceh. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 91 peserta dengan jumlah partisipan yang mengikuti PPL adalah sebanyak 85 peserta.

    Kegiatan Pendidikan Profesioanal Berkelanjutan telah mendatangkan pemateri nasional dan lokal yaitu:

    • Keynote Speaker: Supriyadi, SE., Ak., MM., CA., CRMP., QIA., CRGP., CGCAE. (Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Aceh).
    • Pemateri 1: Dr. Maliki Heru Sentosa, MBA., CRMA., Ak., CA., FCMA., CGMA., QIA., CFRA., CIPSAS., ASEAN CPA. (IAI National Council).
    • Pemateri 2: Jamaluddin, SE., M.Si., Ak. (Inspektur Aceh).
    • Moderator: Dr. Nadirsyah, SE., M.Si., Ak., CA. ASEAN CPA. (Wakil Ketua Dewan Konsultatif 1 IAI Wilayah Aceh/Dosen FEB USK).

    7. Public Speaking Contest

    Public Speaking Contest merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Ilmiah Akuntansi. Public Speaking Contest yang diselenggarakan oleh HIMAKA ini mengangkat tema “Economic Transformation: Navigating the Digital Age”. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 25 Oktober 2023 di Balai Sidang FEB USK dan diadakan secara hybrid. Peserta dalam public speaking contest ini berjumlah 17 peserta (14 offline dan 3 online) yang berasal dari berbagai daerah dan universitas. Juri dalam public speaking contest ini merupakan Dosen FEB USK yaitu Raida Fuadi, SE, Ak., MM. dan Ibu Rahmawaty, SE., M.Si, Ak., CA., QGIA.

    Acara dimulai pada pukul 09.15 WIB yang dipandu oleh MC yaitu Asyura Thalia beserta pembacaan Tilawah dan Doa oleh M.Fajar Al-Hadid. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan pengenalan dewan juri kepada para peserta dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua dewan juri yaitu Ibu Raida Fuadi, SE, Ak., MM. Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan materi public speaking contest oleh seluruh peserta yang berjumlah 17 peserta. Setelah semuanya selesai dilanjutkan dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat/plakat kepada dewan juri. 

    8. Accounting Cycle

    Accounting Cycle Competition (Kompetisi Siklus Akuntansi) adalah kompetisi penyusunan laporan keuangan yang merupakan salah satu kegiatan unggulan dalam rangkaian PIA XXVI 2023 yang mana kompetisi ini bekerja sama dengan IAI Wilayah Aceh.

    Pada Pekan Ilmiah Akuntansi ke 26  (PIA XXVI), Accounting Cycle Competiton mengusung tema “Economic Transformation: Navigating the Digital Age”. Accounting Cycle Competition dilaksanakan di Aula Museum Aceh, Kamis, 26 Oktober 2023, jam 08.00 – 13.00 WIB. Dengan jumlah Peserta 14 tim dari 19 tim yang mendaftar. Dan dihadiri juga oleh kak Maulina yang merupakan pengurus dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Aceh.

    9. Pengabdian Internasional

    Pengabdian Internasional Pekan Ilmiah Akuntansi 26(PIA XXVI) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, kegiatan ini dilakukan dengan bertukar pengetahuan antara entitas yang berpartisipasi. Pertukaran ini mempromosikan pembelajaran dari pengalaman satu sama lain dan mendorong pengembangan pendekatan inovatif untuk pemecahan masalah.

    Pengabdian internasional PIA XXVI mengusung tema “Cultural Diversity and Environmental Harmony : Learning Across Borders”. Dilaksanakan di Aula SMP Al-Azhar Cairo Banda Aceh, Kamis, 26 Oktober 2023, jam 08.00 – 13.00 WIB. Dihadiri oleh dua tamu undangan yaitu, Aisyah yang merupakan mahasiswi asal Thailand dan juga Ainunhayat mahasiswi asal Thailand. Pengabdian internasional Pekan Ilmiah Akuntansi ke-26 (PIA XXVI)  dihadiri oleh lebih dari 90 peserta dari berbagai Negaa. Acara ini  dipandu langsung oleh mc yaitu Meutia Raihan, Kemudian dianjutkan oleh  Pemateri 1 yaitu Ahliah H. Salic Madid yang merupakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Asal Philiphine. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri 2 yaitu, Baiyinah Sapuding yang merupakan Mahasiswi FKIP Bahasa Inggris berasal dari Thailand. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri 3 yaitu, Miguel Renau yang merupakan mahasiswa Akuntansi asal Spanyol. Acara di tutup dengan sesi foto bersama dengan para pemateri, tamu undangan dan juga para peserta Pengabdian Intenasional (PIA XXVI).

    10. Rangking 1

    Ranking 1 merupakan salah satu rangkaian perlombaan PIA ke-26 tahun 2023 yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 27 Oktober 2023 Pukul 08.00 WIB di Area parkir Gelanggang Mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang dipandu oleh 2 Master of Ceremony oleh Rifa Syarika dan Naura Nadihfa. Ranking 1 terdiri dari 2 kategori yaitu kategori SMA/sederajat dan kategori Mahasiswa. Untuk kategori SMA/sederajat bekerja sama dengan pihak Bimbel Khalifah dengan peserta yang mendaftar mencapai 25 orang yang terdiri dari SMA/sederajat yang ada di Banda Aceh dan sekitarnya, seperti SMA 15 Adidarma, SMKN 1 Banda Aceh, Assyifa School, SMAN 2 Banda Aceh, SMAN 3 Banda Aceh, SMAN 4 Banda Aceh, SMA Labschool USK). Unutk jumlah peserta yang mendaftar di kategori Mahasiswa itu berjumlah 18 orang yang terdiri dari Mahasiswa dari USK, UNMUHA, ABULYATAMA, UIN AR-RANIRY.

    Pemenang perlombaan ini untuk kategori SMA/sederajat yaitu Teuku Muhammad Sandy Aulia (Juara 1), Ghifari Maulana Idroes (Juara 2), Sheilla Rizkina Asfia (Juara 3). Untuk pemenang kategori Mahasiswa adalah Rania Feranita Fachri (Juara 1), Jul Hendri Ramadhani (Juara 2), Sheka Permadani (Juara 3). Perlombaan Ranking 1 ini diharapkan dapat memacu para pelajar untuk cepat tanggap dalam ilmu pengetahuann umum.

    11. Closing Ceremony

    Rangkaian terakhir dalam kegiatan PIA ke-26 2023 ini adalah Closing Ceremony yang diadakan pada hari Jum’at, 27 Oktober 2023, Pukul 14.30 WIB di Area Parkir Gelanggang Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Turut hadir tamu undangan dalam closing ceremony yaitu Perwakilan Dekanan, Jurusan, Prodi, Ikatan Alumni Akuntansi (IAA), dan ORMAWA di lingkup kampus FEB USK.

    Acara ini dimulai pukul 14.45 WIB yang dipandu oleh MC Jul Hendri dan Naura Nadihfa. Dimulai dengan penampilan Tari Rapa’I Geleng oleh Sanggar MAN MODEL, pembacaan ayat suci Al-Qur,an, Laporan Ketua Panitia, sambutan-sambutan, penutupan Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) XXVI 2023 oleh Bapak Prof. Dr. Abd Jamal, S.E., M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan FEB USK, dilanjutkan dengan pembacaan do’a, foto Bersama, dan pengumuman pemenang perlombaan PIA XXVI 2023, seperti English Debate, Public Speaking Contest, Accounting Cycle, dan Ranking 1. Hadiah bagi para pemenang dibagikan secara langsung oleh tamu undangan yang didampingi oleh Ketua Umum HIMAKA, Faisal Rahmadi dan Ketua Panitia PIA XXVI 2023, Teuku Mauliandra. Lalu Closing Ceremony ditutup oleh MC dan penampilan Guest Star oleh LAKARA MUSIC.

    12. EXPO

    Pekan Ilmiah Akuntansi juga menyelenggarakan EXPO yang dilaksanakan selama 3 hari bertempat di Gelanggang USK dengan rangakaian kegiatan yang sangat menarik seperti Talkshow yang diisi oleh ketua dan wakil ketua BEM USK periode 2021, free stage yang menampilkan berbagai macam seni dan budaya, performance stage yang menampilkan berbagai macam tarian dan musik, serta Bazar yang berjumlah 10 stand dengan menampilkan produk-produk UMKM. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan UMKM, meningkatkan kreatifitas mahasiswa dan ekonomi masyarakat umum.

    Dengan rangkaian kegiatan diatas Pekan Ilmiah Akutansi ke-26 sukses digelar selama 7 hari dengan jumlah panitia 212 orang. Tahun ini PIA dapat diselenggarakan di 5 tempat berbeda yaitu AAC Dayan Dawood, Area FEB USK, Aula Museum Aceh, NutriHub, dan Gelanggang USK. Kegiatan ini berskala internasional dan nasional dengan jumlah kurang lebih 1500 participan. Selain itu, pada kegiatan tahun ini PIA juga dapat menghadirkan pemateri luar biasa untuk kegiatan education dan juri yang cakap pada bidangnya untuk kegiatan competition.

    Dengan adanya kegiatan Pekan Ilmiah Akuntansi ke-26 ini, diharapkan mahasiswa dapat melihat berbagai peluang baru untuk mendukung dan mengoptimalkan peran profesi akuntan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.