Skip to content

Tim USK Raih Bronze Medan di Ajang Bangkok IPITEX 2023

Ucapan Selamat_Khairurrijal

Mahasiswa USK berhasil meraih medali perunggu di ajang berskala internasional pada event “Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation And Technology Exposition (IPITEX) 2023” yang diadakan oleh The National Research Council of Thailand (NRCT). NRCT merupakan organisasi pemerintah yang berstatus sebagai departemen di bawah naungan Kementerian Pendidikan Tinggi, Ilmu Pengetahuan, Riset, dan Inovasi. NRCT bertindak sebagai unit utama untuk mempromosikan dan mendukung penelitian, penemuan, inovasi, dan transfer teknologi kepada pengguna terkait baik di sektor swasta maupun publik. NRCT telah ditugaskan untuk menjadi lembaga terkemuka, berkoordinasi dengan lembaga pemerintah lainnya dan sektor swasta untuk menyelenggarakan Hari Penemu Thailand.

Tim USK beranggota 3 Mahasiswa yaitu Hidayatullah dari Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik angkatan 2019, Retika Septi Diana Utari dari Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik angkatan 2019, dan Khairurrijal dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019. Tim ini dibimbing oleh Dr. Farid Mulana, S.T., M.Eng.

Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx) yang diadakan secara luring di Hari Penemu Thailand 2 – 6 Februar 2023 di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC). Kompetisi tersebut diikuti oleh 470 tim dari 24 negara. Tim USK terpilih sebagai finalis dan berhak melaju ke babak penjurian pameran expo dan mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri. Pada hari penutupan acara, berdasarkan hasil keputusan juri tim USK terpilih sebagai penerima medali perunggu.

Dr. Farid Mulana, S.T., M.Eng, mewakili dosen pembimbing mengatakan, “Kami mendukung penuh kegiatan inovasi produk yang dilakukan mahasiswa pada kompetisi tingkat internasional ini. Selain menjadi pengalaman dalam ajang internasional, juga mendukung implementasi Kampus Merdeka Merdeka Belajar. Semoga dengan kegiatan ini dan pencapaian yang diperoleh, akan mendorong munculnya inovasi-inovasi produk mahasiswa dan memotivasi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi.”

 

Tim USK membawakan inovasi produk berjudul “PALLAPA: PAPER SOAP INNOVATION MADE FROM NUTMEG OIL AND VIRGIN COCONUT OIL (VCO). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan inovasi sabun berbentuk kertas paper soap) menggunakan minyak pala Aceh. Sabun kertas yang dihasilkan memiliki bentuk yang tipis, ringan, serta mudah dibawa dan digunakan. Kandungan minyak pala terbukti efektif untuk melawan bakteri dan virus karena kandungan anti-mikroba, anti-bakteri, anti-virus, dan antioksidan yang dimilikinya. Diharapkan sabun kertas ini nantinya dapat diproduksi secara massal dan dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap sabun yang praktis untuk digunakan.