Skip to content

Digital Economy and Financial Technology in Indonesia Financial Service Industry

Digital Economy Financial in Indonesia

Prodi sarjana akuntansi FEB USK kembali melaksanakan kegiatan Praktisi Mengajar bersama alumni untuk mendukung program merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), pada hari kamis, 9 Februari 2023 secara luring.

Kegiatan ini menghadirkan Kharisma Fiendy, Analisis Junior, Direktorat Perizinan Institusi Keuagan Non Bank (IKNB) dan Keuangan Digital, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia, dan Beliau juga merupakan alumni Internasional Accounting Program (IAP), Jurusan Akuntansi, FEB USK. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan praktisi mengajar ini adalah: “Digital economy and Financial technology in Indonesia Financial service Industry”.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini diikuti oleh sekitar 60 peserta yang merupakan para mahasiswa dari 2 kelas yaitu: kelas Ekonomi Digital yang diampu oleh Dinaroe, SE, MBA, Ak., CA; dan kelas Financial Technology yabg diampu oleh Gamal Batara, SE, M.Ak.

Menurut Dinaroe, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tambahan kepada para mahasiswa terkait aktivitas real ekonomi digital dan fintech di Indonesia, khususnya dalam sektor jasa keuangan perbankan dan non perbankan di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini bertujuan pula untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk dapat terlibat aktif sebagai akuntan yang memiliki kepakaran sistem informasi dan teknologi informasi untuk mencukupi kebutuhan sumber daya akuntan profesional di bidang sistem informasi akuntansi yang maish sangat minim saat ini, ungkap Dinaroe.